Minggu, 06 Februari 2011

Tips Agar Motor Tidak Boros



















Mungkin banyak yang bertanya-tanya gimana sih supaya nih motor bisa irit?bisa irit ga sih?kan ni motor 2 tak.

Jangan khawatir para scooter mania/scooterist dan jajarannya. Sebenarnya sih yang namanya motor 2 tak boros itu wajar, tapi masih bisa kok di bikin irit. Nah, saya punya tipsnya untuk anda yang memiliki vespa. Saya juga pengguna vespa sampai saat ini, dulu pertama kali pakai tuh motor yang tadinya nih dompet selalu terasa tebal tiba-tiba terasa tipis karena nih motor sering jajan alias keluar masuk stasiun pengisian bahan bakar. Hingga saya sempat berfikir, "aduh kalo gini terus lama-lama bisa kanker nih alias kantong kering". Namun, saya tetap bertahan menggunakannya. Kalau dipikir-pikir mana ada motor yang kaya gini, udah murah bebas dari kejahatan lagi. Memang sih namanya motor tua kadang-kadang mogok, wajar kan namanya juga udah tua. Seirit-iritnya motor 2 tak tetap gak akan bisa seirit motor keluaran sekarang apa lagi dibandingkan dengan motor yang sudah menggunakan sistem injeksi. Mungkin para modifikator sejati bisa menjadikannya benar-benar irit. Nah, dari pada kelamaan langsung saja kita saksikan yang berikut ini, check it out :

Sebelumnya yang harus diingat untuk dapat terjadi pembakaran yang sempurna, setidaknya ada 3 hal yang mempengaruhi :
1. Bahan bakar yang bagus.
2. Api yang bagus untuk membakar bahan bakar.
3. Waktu pengapian yang bagus, yaitu pertemuan bahan bakar dengan api

1. Bahan bakar yang bagus
Maksudnya bahan bakar yang bagus yang siap untuk dibakar dalam ruang pembakaran. Saya rekomendasikan anda lebih baik menggunakan Pertamax yang dimana tingkat kesempurnaanya lebih tinggi dari Premium terlihat dari harganya yang terus melonjak sedikit demi sedikit yang kini sudah berkisar hampir 8rb/liter.

2. Pengapian yang bagus
Api yang bagus sangat penting untuk digunakan membakar bahan bakar yang bagus. Meskipun percikan keluar dari busi, namun ada lagi yang harus diperhatikan seperti : tutup kepala busi atau yang biasa disebut cangklong apakah pas (tidak longgar) dengan busi, kabel busi apakah kabel tersebut bisa menghantarkan listrik dari koil, koil apakah listrik yang dikeluarkannya besar, platina atau CDI apakah listrik yang dikeluarkannya besar dan sumber utama (spool dan magnet).
Komponen-komponen tersebut semuanya harus dalam keadaan prima jika ingin mendapatkan api yang baik

3. Waktu pengapian yang bagus
Maksudnya yaitu waktu yang tepat untuk terjadinya pembakaran. Waktu dimana busi memercikan bunga api dalam seher (ruang bakar).

Itulah beberapa teorinya. Gabungan ketiga inilah yang akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga motor anda irit bahan bakar.

Sudah anda cek yang saya sebutkan diatas?kalau sudah langsung kita beralih kedalam praktek. Yaitu bagaimana settingan yang harus anda atur, sebelumnya ada yang harus anda periksa diantaranya :
* Pelihara kebersihan karburator beserta saringan udaranya
* Pastikan paking dari karburator tidak ada yang bocor, demikian dengan seal setelan angin
* Pakai spuyer standar

Sudah belum?kalau sudah selanjutnya lakukan hal berikut :
~ Lakukan penyetelan setelan angin
~ Pastikan mesin dalam keadaan sudah dipanaskan bukan dalam keadaan dingin
~ Putar setelan langsam (yang diatas karbu) agak besar
~ Setelan angin diputar sampai poll, kemudian putar ke kiri satu setengah putaran
~ Hidupkan mesin
~ Putar setelan angin ke kanan atau ke kiri hingga terdengar melengking/nyaring
~ Setelah tercapai kondisi tersebut putar langsam sekecil mungkin, namun jangan sampai mati

Selamat Mencoba.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service